Suara Hati

Selamat Datang di Blog Pokjawas Jakarta Selatan

Senin, 10 Oktober 2011

MODEL KURIKULUM PAI SD BERBASIS MULTIKULTURAL

Pendidikan Multikultural sangat penting diimplementasikan dalam sistem pendidikan nasional, dan dianggap sebagai perekat utama dalam mewujudkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).Indoensia sebagai bangsa majemuk terdiri dari berbagai suku, agama, ras (etnik) dan golongan. hal ini terkandung potensi konflik, akan teteapi di dalam adat istiadat dan ajaran agama juga terkandung pula potensi dan modal kedamaian. Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian, toleransi, kebersamaan (egalitarianisme), dan menghargai perbedaan.
nilai-nilai kedamaian dan kebersamaan di dalam Islam perlu diungkap agar mampu diinternalisasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan Agama Islam (PAI) yang disajikan pada Sekolah dasar (SD) harus mencerminkan nuansa egalitarian sehingga anak-anak mampu bersikap saling neghormati antar sesamanya yang berlainan suku, ras, agama, maupun bahasa.
oleh  karena itu, pedoman model kurikulum PAI Sekolah dasar berbasis Multikultural perlu disusun agar menjadi pedoman bagi para pendidik maupun pemerhati pendidikan. silahakan download.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar